UAD DAN UNY SEPAKAT MEMPERKUAT KERJA SAMA

Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Dr. Muchlas, M.T., didampingi para Wakil Rektor UAD bersilaturahmi ke Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 4 Agustus 2020.

Dalam kunjungan yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Senat UNY ini, Rektor UAD  memperkenalkan 5 Wakil Rektor UAD yang baru dilantik pada 11 Maret 2020 yang bertugas untuk masa jabatan 2020-2024. Mereka adalah Drs. Parjiman, M.Ag, (Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan) Rusydi Umar, S.T, M.T, Ph.D (Bidang Akademik) Dr. Norma Sari, S.H, M.Hum (Bidang SDM), Utik Bidayati, S.E, M.M (Bidang Keuangan, Kehartabendaan dan Administrasi Umum) serta Gatot Sugiharto, S.H., M.H (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni).

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa beserta wakil rektor, Ketua LPPM, Ketua LPMPP, serta Kepala Biro Akademik kemahasiswaan dan kerja sama(BAKK) serta Kepala Biro Umum perencanaan dan Keuangan (BUPK) menyambut hangat kedatangan para pimpinan UAD. "Untuk semakin maju dan berkembang, kerja sama sangat diperlukan. Tidak mungkin suatu instansi bisa maju sendiri," sambut Prof. Dr. Sutrisna Wibawa.

Menanggapi sambutan Rektor UNY, Dr. Muchlas, M.T. menyampaikan bahwa silaturahmi ini dilaksanakan untuk memperkuat berbagai kegiatan kerja sama yang telah terjalin. Pertemuan yang berlangsung cair ini membahas strategi pelaksanaan perkuliahan daring selama pandemik Covid-19 dan juga berbagai curahan hati mahasiswa terkait pelaksanaan kuliah daring. Selain itu, Dr. Muchlas, M.T.  juga menyambut baik peluang kolaborasi dalam penulisan jurnal dengan UNY.

Terkait upaya peningkatan kualitas SDM dosen dan percepatan guru besar di UNY, Dr. Norma Sari, S.H., M. Hum. selaku Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia UAD mengaku cukup terkesan dan tertarik untuk mengetahui bagaimana strategi penguatan SDM di UNY. Prof. Dr. Sutrisna Wibawa menyatakan bahwa akselarasi UNY tidak lepas dari dibentuknya tim khusus untuk percepatan dan peningkatan jumlah guru besar. "Selain itu, para dosen juga didorong untuk segera lanjut studi sehingga rasio dosen lulusan S3 semakin besar," papar Prof. Dr. Sutrisna Wibawa.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, Prof. Margana menambahkan bahwa pendampingan dan pelatihan untuk penulisan jurnal internasional juga dilakukan."Kami selalu berupaya untuk mengingatkan dan memotivasi para dosen untuk meningkatkan kompetensi, dan sekaligus memberikan insentif untuk penelitian dan reward bagi dosen yang memiliki artikel pada jurnal internasional," papar Prof. Margana. Rektor UNY menambahkan bahwa kunci untuk mendorong hal itu semua adalah greteh(rajin).

Untuk memperkuat kerja sama yang selama ini telah dilaksanakan berbagai unit, UNY dan UAD sepakat untuk segera merealisasikan Nota Kesepahaman sebagai payung bagi kegiatan kerja sama di masa mendatang. Pada akhir diskusi, kedua belah pihak sepakat bahwa potensi kerja sama yang telah dibahas atau kerja sama lain akan dibahas lebih lanjut melalui komunikasi antar wakil rektor dan unit pelaksana kegiatan kerja sama.(Aji-ed.Laksa).

Category: 
News
Event