VISITASI DARING ASESOR KE PRODI S-2 PENDIDIKAN BAHASA JAWA

Universitas Negeri Yogyakarta menerima visitasi daring Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk melakukan Field Assessment dalam rangka Akreditasi Program Studi Pendidikan S-2 Bahasa Jawa (23/7).

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa dalam sambutannya mengatakan bahwa Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tugas untuk mengembangkan Pendidikan Bahasa Jawa, mengingat di Yogyakarta sarat dengan budaya Jawa, selain terdapat Kraton dan Pakualaman.“Prodi Pendidikan Bahasa Jawa memiliki komunitas mengembangkan Bahasa Jawa khususnya komunitas kepada Kraton, Paku Alaman, dan masyarakat,” jelas Sutrina Wibawa.

Lanjutnya, minat mahasiswa untuk melanjutkan belajar ke Prodi S-2  Pendidikan Bahasa Jawa belum sesuai harapan, mengingat di UNY sudah memiliki Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Jawa. “Kami yakin dengan kerja keras, Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Jawa akan dapat tumbuh dan berkembang serta berjalan menghasilkan kelulusan yang sebagian besar adalah para guru, sehingga dapat meningkatkan pendidikan di Indonesia,” tegasnya. Sutrisna Wibawa berharap dengan kehadiran asesor secara daring di tengah situasi bangsa Indonesia menghadapi Pandemi Covid-19, dapat memberikan masukan dengan peluang pengembangan dengan strategi khusus.

Visitasi daring berlangsung  selama 2 (dua)  hari menghadirkan asesor, Dr. Muhammad Rohmadi dan Dr. Hari Bekti Merdeka. “Bagian dari kebersamaan kita bahwa dalam proses akreditasi akan dilakukan secara periodik sesuai SOP BAN PT, sekiranya Bapak/Ibu masih ada kekurangan data, silakan menyampaikan kepada kami hal-hal yang perlu direvisi”, jelas Rohmadi. Senada, Hari menyampaikan bahwa mereka dalam melaksanakan tugas ini tidak mencari kekurangan, namun saling melengkapi. “Kami bertugas untuk mengklarifikasi dan memverifikasi, kami tidak akan mencari kekurangan, namun jika sekiranya ada hal yang belum ada di borang, saya kira sangat baik untuk dilengkapi,” papar Hari, ”Semoga kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari ini berjalan dengan lancer meskipun dilakukan dengan online.”

Visitasi daring diikuti oleh Rektor, Para Wakil Rektor, Direktur PascaSarjana, Para Assisten Direktur, Kaprodi S-2 Pendidikan Bahasa Jawa, Tim Penjamu, Tim Akreditasi Borang, dosen, tenaga kependidikan, alumni, dan mahasiswa. (rew)

Category: 
News
Event