WEBINAR FT UNY: TANTANGAN PEMBELAJARAN PRAKTIK DI ERA PANDEMI COVID-19

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) menyelenggarakan Webinar secara live streaming melalui Zoom dan Youtube bertema Tantangan Pembelajaran Praktik di Era Pandemi Covid-19 (11/07/2020).

Narasumber yang dihadirkan yaitu Wikan Sakarinto, Ph.D. (Dirjen Pendidikan Vokasi), Prof. Yahya Umar, Ph.D. (Pakar Evaluasi UIN Syarif Hidayatullah), Dr. Eng. Indra Adji Sulistijono (Wakil Direktur PENS) dan Dr. Ir.  Haryanto, M.Pd., M.T. (Pakar Evalausi UNY) yang dibuka dengan sambutan dari Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., serta Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D.

Wikan Sakarinto dalam paparannya menjelaskan bahwa salah satu nilai positif dari adanya Pandemi Covid-19 ini adalah mendorong para pedidik untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran daring. “Yang perlu digalakkan sekarang tentu adalah relaksasi kurikulum serta materi pembelajaran berbasis simulasi, Virtual Reality, multimedia, animasi, video dan lain-lain termasuk untuk pembelajaran praktik,” ujarnya.

“Maka dari itu, salah satu model pembelajarannya mesti mengedepankan Project-Based Learning dimana nantinya Kemendikbud akan mendorong pembelajaran di kampus dilakukan dengan skema tersebut dengan presentase 70 persen yang hasilnya adalah produk atau sebuah desain yang konkret,” bebernya.

“Selain itu link and match dengan industri juga terus ditingkatkan jangan hanya sebatas MoU demi memastikan keselarasan soft skills dan hard skills antara lulusan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri serta mengantisipasi fenomena baru dalam dunia pekerjaan di DUDI,” lanjutnya.

Dirjen Pendidikan Vokasi menambahkan bahwa menghadapi era pandemi ini, mata kuliah praktik sedapat mungkin tetap dilakukan secara daring. Namun, jika tidak memungkinkan maka mata kuliah tersebut diarahkan untuk pelaksanaan di bagian akhir semester. Pelaksanaan kegiatan di kampus hanya diizinkan untuk kegiatan yang tidak dapat digantikan dengan pembelajaran daring seperti pengambilan data penelitian, pembuatan produk atau protipe di lab atau bengkel.

Sementara itu narasumber lainnya, Prof. Yahya Umar, Ph.D., menjelaskan  mengenai Feasibility dan Validity Asesmen Online Pembelajaran Praktikum, Dr. Eng. Indra Adji Sulistijono tentang Implementasi Asesmen online Pembelajaran Praktikum Pendidikan Vokasi dan Dr. Ir.  Haryanto, M.Pd., M.T,. memaparkan Metode Aesmen Pembelajaran Praktikum Pendidikan Vokasi.

Webinar ini diikuti 1128 peserta dan rekamannya bisa disaksikan di https://www.youtube.com/watch?v=QERt0aR-ksU(hryo)

Category: 
News
Event